Sistem informasi yang sering ditemui

Malam yang santai, disebuah kota tua, palembang. Ditemani dengan alunan lagu welcome to my paradise yang dibawakan cukup keren dari group komedi nya sule dan kawan-kawan plus hidung mampet yang mengharuskan tersedianya cukup banyak tisu. Jadi teringat kejadian tadi siang, kepanasan di dalam mobil pinjaman dalam perjalanan pulang dari kuliah, terjebak macet lampu merah. tiba-tiba HP berbunyi, tanda sms dari seorang mahasiswa yang curhat tentang kuliah nya yang hingga saat ini belum juga mengajukan judul untuk tugas akhirnya. Sebagai salah seorang dosen pemrograman, saya tentu akan memberikan beberapa judul tentang sistem informasi.

Judul sebuah tugas akhir bisa diambil dari fenomena yang sering kita temui setiap hari nya. Misalnya, konsep lampu merah, hijau dan kuning yang ada pada salah satu rambu-rambu lalu lintas. Dulu saat kecil saya berpikir bahwa ke tiga warna lampu tersebut bisa bergantian menyala karena ada seseorang yang mengendalikan nya secara manual (tekan tombol) hahaaaa... tapi alangkah repotnya jika sepanjang waktu selama 24 jam rambu lalu lintas ini harus di tunggui oleh seseorang, yang akhirnya dapat menyita waktu dan biaya yang tidak sedikit. Saat ini dunia kerja semakin maju, kemajuan tersebut juga menuntut peningkatan efektifitas dan efisiensi kerja, yaitu dengan cara penggunaan sistem informasi yang bisa membantu mempermudah pekerjaan.
Sistem informasi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
  • Berangkat kerja terjebak macet oleh lampu merah
  • Sampai dikantor, ada layanan parkir untuk kendaraan karyawan
  • Sampai di ruang kerja mengisi presensi karyawan dengan sorot kartu karyawan
  • Bekerja sebagai kepala bagian kepegawaian, menginput data karyawan kedalam Sistem informasi kepegawaian
  • Pulang kerja, mampir ke mini market, bayar di kasir sangat cepat karena kasir sudah menggunakan Sistem informasi penjualan
  • Pulang kerumah, santai sambil menghitung pendapatan bisnis penjualan asesoris dengan Sistem informasi keuangan yang bisa menampilkan laporan neraca dan rugi laba
Selain dari beberapa sistem informasi di atas, masih banyak lagi sistem yang bisa di buat. Masih banyak perusahaan yang menjalankan bisnisnya belum menggunakan sistem informasi, hal tersebut merupakan peluang yang sangat besar untuk dijadikan sebuah judul tugas akhir mahasiswa bahkan menjadi sebuah proyek penghasil rupiah.
Sampai di sini artikel saya kali ini, semoga bisa membuka pikiran dan memunculkan ide-ide kreatif lainnya bagi mahasiswa maupun bagi anda yang sedang bingung dengan judul tugas akhir maupun sedang mencari peluang bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul ANSI

LANGKAH - LANGKAH PENYELASAIAN SOAL KASUS DENGAN MYOB